TOP 3 VENDORS

Assalamualaikum wr wb!

Holaa, I’m back to blogging word, FINALLY!

Yep, dari kemaren nggak berenti2 dapet komen yang nanyain tentang vendor nikahan saya. Yang paling banyak ditanyain Miarosa (busana dan riasan), Puspa (katering) dan Diamond (dekorasi). Wellll, mohon maaf yang belum sempat saya email satu2 terkait detail paket dari vendor2 itu yaahh. Banyak faktor yang membuat saya belum mengirimnya hihiii..

Jadi, saya mau kupas tuntas deh ketiga vendor tadi supaya pada nggak penasaran lagi.

MIAROSA

Yep, ini dia jawara kita yang paling banyak orang tanya ke saya. Riasan dan busana pengantin itu vital sih menurut saya. Karena kalau nggak pas sama mantennya, jadinya ga bagus aja untuk dikenang (apalagi pas diliat fotonya haha), jadi rias dan busana masuk jadi vendor penting yang saya angot2an milihnya. Dulu sebelum pilih Miarosa, saya browsing2 dulu (via om gugel) beberapa vendor – yang ‘katanya’ –  WO saya bagus dan harganya ga mahal. Tapi beberapa vendor tersebut rasanya kurang pas di hati, karena busana nya yang biasa dan riasannya yg kayaknya g ‘manglingi’.

Oh iya, karena saya pakai gedung SMESCO, jadinya saya dapet paket wedding, which is hampir semua vendor udah di cover sama gedung, kita tinggal milih rekanan vendor dari gedung dan bayar penambahan biaya kalau ada. Nah kebetulan, saya pilih Miarosa yang ada penambahan biayanya, karena paket dari gedung SMESCO ga memenuhi standar paket rias dan busananya Miarosa. Harga paket busana dan rias dr gedung hanya bernilai Rp 2.100.000,- (harga tahun 2012), jadi masih nambah lagi Rp 2.000.000,- untuk penambahan harga standar Miarosa (perincian paket : Busana dan rias resepsi capeng, busana dan rias ortu capeng (tp utk ibu capeng sedia kebaya pribadi dan yang berjilbab hrs sedia jilbab pribadi) , 4 pasang among tamu dan 2 pasang penjaga buku tamu). Nah, ini baru paket standarnya Miarosa aja, belum kalau kita mau upgrade busana, atau ada penambahan rias atau yang lain. Kebetulan, Ibu saya kekeuh pengen semua keluarga besar itu seragam. Jadi penambahan rias pun jadi agak banyak, secara keluarga saya dan Dzul sama2 keluarga besar.

Untuk penambahan rias dikenakan Rp 150.000,- satu orang. Dan saya nambah sekitar 10 orang untuk dirias oleh Miarosa. Ini baru para bude dan tante, belum sepupu2. Akhirnya saya memutuskan untuk manggil perias langganan saya untuk bantu make-up sepupu2 saya, yang alhamdulillah harganya lebih murah. :D

Penambahan busana among tamu. Kebetulan saya mengambil adat Jawa Nasional untuk resepsi saya, jadi ada Jawa nya (kombinasi Jogja dan Solo) dan juga ada sentuhan nasionalnya di kebaya dan dekorasi. Nah untuk among tamu bapak, mereka pakai beskap Jawa lengkap dengan keris2nya, dan itu penambahan lagi karena di paket cmn dpt untuk 4 pasang among, sedangkan Ibu saya maunya ada 12 PASANG -____- yep, 12 pasang, bukan 12 orang. Walhasil, nambah lagi untuk busana among 8 orang, dan satu busana beskap dikenakan biaya Rp 75.000,-. Alhamdulillah untuk among tamu ibunya pada mau pakai kain sendiri, jadinya ga ada penambahan sewa kain lagi.

Penambahan busana akad CPP. Karena di paket hanya dapet busana resepsi aja, untuk akad mesti sewa lagi. Kalau rias sih, kebetulan saya waktunya berdekatan antara akad dan resepsi, jadinya g  kena charge rias lagi. Kalau yang jeda waktunya lama, baru deh di charge untuk rias ulang. Nah masalah busana akad, kebetulan untuk akad, saya jahit sendiri, jadi aman lah, ga perlu sewa. Nah untuk busana Dzul nya ini nih yang rempong. Ternyata sewa baju akad aja sampe Rp 1.500.000,- -_____- agak costy banget. haha. Tapi ya sudahlah, drpd pusing nyari lagi, mending disekalianin aja sewa disana.

DIAMOND

Untuk urusan dekor, saya emang ga terlalu paham, saya cmn bisa bayangin aja seperti apa mau saya. Bahkan sampe H-1 bulan saya blm fix mau pake dekor yang mana. .____. Dan saya juga tipe org yang ga mau ribet, jd ketika sepupu saya rekomen Diamond untuk jd vendo dekor, saya langsung browsing tentang Diamond. Kebetulan, dikit ya bo review lengkap tentang dekorasi. Jadi saya kurang dpt info. Saya pun mengontak Diamond untuk mendapatkan info lengkapnya, mulai dr pricing sampe contoh hasil produksi mereka. Kebetulan dr foto2 yg mereka kirim ke email saya, ternyata bagus2 juga, detail2nya spt yg saya mau. Sebelumnya sih saya juga udah sempet survei via email dengan beberap vendor lainnya. Bagus2 juga sih, tp kadang list paket mereka kurang sreg (ada juga sih yg ga sreg di harga hahha). Kalau di Diamond, paket gedung Smesco udah lumayan lengkap, pergola dapet, standing flower dapet 6 pasang, dapet gazebo juga, bunganya juga bunga segar dan bisa nambah sampe lebih dr 3 macem. Tapi ya gitu, nambah lagi dari harga paket Smesco nya. hehe. Harga paket dari Smesco untuk dekor itu kalau nggak salah 8jt-an. Nah paket Diamond itu 17,5jt. Jadi mesti nambah 9,5 jt lagi. Dan kalau kita ga nambah macem2, udah itu aja penambahannya. Tapi kalau saya kebetulan nambah lorong dan side-wall, jadi nambah skitar brp juta lagi gt. Total penambahan saya tuh sampe kira2 11jt an. Doeeng, mahal juga yah dekorasi buat seharian doang hahaa. Yah tapi kalau kata Papa saya, mumpung saya anak perempuan satu2nya, jadi nggak apa2 agak gede2an. -____-

PUSPA

Nah, ini dia. Urusan perut! Biasanya orang yang dateng ke nikahan akan berkesan sama makanannya, jangan sampai g enak dan g cukup.. haha. Seperti kejadian di nikahan saya, saking tamu yg dateng nggak abis2 (sampe jam stengah 2 masih ada yg isi buku tamu masaaaa), hal ini berimbas ke jumlah makanan yg ga memadai. Padahal ketika saya pesan ke Puspa, saya udah memesan porsi untuk 2000 orang, secara undangan nya 900 lebih, jadinya sengaja minta ke marketing saya di Puspa (Mas Husni) untuk agak kasih bonus porsi yang lebih. Tapi tetep ya bo, kurang2 juga -___- yah apa boleh buat lah..

Lah, jadi curhat..

Baiklah, untuk katering, dari Smesco  dapet jatah katering hanya  menu buffet untuk 500 porsi (harga per porsi nya saya lupa persisnya brp). Dan kalau pilih Puspa, kita dikenakan charge lagi untuk buffetnya sebesar Rp 6.000,- per porsi. Dan untuk pondokannya juga beda lagi. Nah untuk detail harga katering, bisa langsung ditanya ke Puspa nya haha, krn harganya berubah-rubah terus, tergantung pasar dan tahunnya juga. Saya cmn bisa kasih review tentang Puspa, udah nggak perlu raguin kualitasnya, NUMERO UNO. haha, lebay.. tp bener deh, saya udh jatuh cinta bgt sama masakan Puspa. Nggak ada yang nggak enak. Rekomen saya adalah gindara saus lemon, nasi goreng rendang dan iga bakar (untuk menu buffet), dan untuk pondokan, saya ketagihan sama pasta dan potatoesnya.. nyum nyum! Jangan lupa juga, nanti request sama marketingnya (bisa Mas Husni, Mbak Milla, Mas Latif atau yg lain yang saya belum kenal hehe) untuk masukin Green Tea tiramisu di jajaran cake and pastriesnya yah, itu wuenaknya puollll..

Dan satu lagi saran saya, plis bgt request se request2nya untuk ada yang jagain tiap pondokan gimanapun caranya dan kondisinya. Karena salah satu faktor makanan bisa abis adalah krn penjaga pondokannya suka hilang timbul, kadang jaga kadang hilang. Mungkin karena kurang org juga kali yah.. Jadi pas nggak dijaga, tamu2 itu pada geragas ngambil makanannya, ngambil siomay sampe 10 satu piring, pdhl yg dimakan 5.. ngambil pasta sampe numpuk segunung, ternyata cuman icip tiga sendok, kan mubaziiirrrr heeuhhh, jd emosi nih hahaha.. Itulah ternyata tugas PIC Katering dari pihak keluarga, supaya ada yang bawelin petugas katering nya. :D

Nah mungkin itu aja sih yang bisa saya share tentang vendor2 yang saya pakai di resepsi saya. Semoga bisa membantu, if any more questions, please be my guests ;)

7 thoughts on “TOP 3 VENDORS

  1. hai mba..

    aku juga pake puspa utk acaraku tgl 26 mei ini
    deg2an nih soal makanan takut kurang
    boleh emailin list menu final mba wyna ga beserta porsinya?
    kalo boleh emailnya ke rani.mariani@gmail.com
    kl boleh tau lg total tamu yg datang ada brp mba?
    thanks in advance :)

    • hai mbak rani :)

      klo kmrn aku undangan 950an, tamu yg dtg (berdasarkan nama di buku tamu) ada skitar 2000an gt.

      utk total porsi aku pesen 2300, 800 di buffet, 1500 di stall/pondokan. untuk detilnya aku lupa naro dmn itu kertasnya haha.. tp nanti aku rinciin manual aja, insyaa allah msh inget :D

      it’s been a pleasure for me to help :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s