International Homestay Program : JAPAN

Assalamualaikum!

Kokusai Gakuin
Kokusai Gakuin, Saitama, Jepang

Beberapa waktu lalu, tepatnya di bulan April 2014, saya berkesempatan mengikuti program homestay di Jepang. Program ini adalah program tahunan di Al Fikri, dimana siswa-siswi SMP Al Fikri akan berkunjung ke sebuah sekolah mitra untuk bertukar budaya dan belajar bersama. Kami menyebutnya Homestay Program, karena memang nanti siswa-siwi yang ikut program ini akan tinggal bersama penduduk setempat, biasanya orang tua murid dari sekolah tujuan, dan ikut merasakan kebiasaan lokal di daerah tersebut.

Pertama kali program ini diadakan, negara tujuan pertama adalah Malaysia, karena kebetulan salah seorang guru SMP mempunyai koneksi dengan salah satu sekolah di Malaysia, Sekolah Alam Shah. Lalu, Millenia Institute di Singapura juga menjadi salah satu sekolah mitra dengan Al Fikri di tahun berikutnya dan tahun 2014 kemarin, AF berhasil bermitra dengan Kokusai Gakuin, Jepang. Di tahun 2014 kemarin juga, program kemitraan sekolah ini mulai bekerja sama dengan sekolah-sekolah di Indonesia, seperti di Green School, Bali. Nantinya anak-anak yang ikut homestay di Bali akan fokus mempelajari mengenai pemeliharaan lingkungan.

Sekolah yang menjadi mitra Al Fikri dalam pelaksanaan program ini hampir seluruhnya dari luar negeri, karena memang tujuannya untuk bertukar budaya dan mempelajari kebiasaan daerah setempat sehingga wawasan siswa akan semakin luas.

Nah, kali ini saya dan dua rekan guru Al Fikri lainnya berkesempatan mendampingi siswa-siswi Al Fikri yang berangkat ke Jepang. Total siswa ada 10 orang dengan 3 orang guru pendamping. Sekolah tujuan kami adalah ke Kokusai Gakuin atau Sekolah Kokusai di Prefektur Saitama. Sekolah ini adalah sekolah swasta di Jepang yang sudah berdiri sejak 50 tahun lamanya dan sudah ada jenjang dari SMP hingga College.

Rombongan kami tinggal di Jepang selama 6 hari. Kami tiba di jepang sekitar pukul 8 pagi. Di hari pertama kami tiba di Jepang, kami diajak oleh pihak Kokusai Gakuin ke Festival Bunga di daerah Saitama. Kebetulan kami datang di musim gugur, tapi sayangnya kami tidak bisa merasakan cantiknya bunga sakura ataupun Hanami alias piknik di bawah pohon sakura. Karena kami tiba di saat bunga sakura sudah tidak berbunga pink lagi 😦 Tapi di festival bunga Saitama juga sudah cukup memuaskan. Saitama adalah kota kecil yang mempunyai bunga khas mawar, jadi di festival kemarin semua bunga yang ditampilkan adalah berbagai jenis dan warna bunga mawar. Siswa-siswa diajak untuk menggambar objek yang mereka lihat sebagai salah satu kegiatan gabungan antara siswa AF dengan Kokusai Gakuin.

Suasana di Festival Bunga Saitama

Setelah puas berkeliling di kebun mawar (dan foto-foto pastinya), rombongan kami pun menuju salah satu desa di daerah Saitama untuk mengunjungi warga disana dan beramah-tamah dengan mereka. Di salah satu rumah petinggi desa (semacam Pak RT nya), kami pun diajarkan teknik origami dan mencoba kimono asli jepang. Kami juga disuguhkan berbagai camilan khas Jepang seperti onigiri, dorayaki dan teh hijau. Satu hal yang jadi perhatian saya, budaya di Jepang sangat menghargai tamunya. Dan cara mereka memperlakukan tamunya tidak jauh berbeda dari Indonesia yang sangat menjamu tamunya       DSC_0689  DSC_0699  DSC_0728

Selesai dari sana, kami pun kembali ke sekolah.

Di hari kedua sampai ketiga, para siswa AF mengikuti pelajaran seperti biasa di dalam kelas Kokusai Gakuin. Di dalam kelas, saya merasa kegirangan sendiri karena serasa ada di dalam komik. Bangunan sekolahnya mirip seperti di komik-komik, seragam sampai kebiasaan murid Jepang pun seperti di komik. Wuaaah, seru banget deh selama ngawasin murid AF belajar di dalem kelas Jepang. (jadi norak sendiri hahaha)

Di hari kedua juga ada upacara khusus penyambutan rombongan kami di Jepang. Karena kami tiba di hari Minggu, sekolah memang baru mulai di hari kedua ini. Upacara ini diadakan di aula serbaguna Kokusai Gakuin. Seluruh siswa KG hadir di ruangan yang berfungsi sebagai gymnasium juga.

Banyak hal yang membuat saya terkagum-kagum dengan orang Jepang. Salah satunya adalah disiplin dan penghargaan mereka terhadap orang lain. Ketika para murid sudah berkumpul di aula, mereka dengan sigap berbaris dengan rapih, dan ketika acara sudah dimulai, dengan sendirinya mereka semua diam. Aula langsung sunyi seketika ketika MC mengumumkan acara akan dimulai. Beda banget sama di Indonesia, yang kalau mau menertibkan anak murid di satu kelas aja perlu pake tarik urat leher :’). Disini, murid2 AF diberikan penanaman value bahwa betapa mudahnya siswa di Jepang untuk tertib. Wah, pokoknya kagum deh betapa cepetnya anak murid Jepang ini langsung diem begitu MC “ehem-ehem” lewat mic. Di upacara ini juga, saya ditembak sama pihak KG untuk memberikan sambutan mewakili rombongan Indonesia, alhasil pidato saya seadanya pisan dengan waktu persiapan cuman 15 menit :”)

Di hari ketiga, setelah setengah hari ikut belajar di dalam kelas, rombongan kami pergi ke Asakusa untuk mengunjungi kuil-kuilnya dan berbelanja oleh-oleh di jalanan Asakusa yang terkenal khas dengan oleh-oleh khas Jepang. Sayangnya, disini saya nggak terlalu ambil banyak foto. Tapi yang pasti kami sangat menikmati perjalanan ke Asakusa. Budaya Jepang kuno sangat kental disana, terutama di area sekitar kuilnya. Sayangnya, saya udah ga inget apa nama kuil-kuil yang kami kunjungi :p

DSC_0686 (2)DSC_0485 - Copy

Lanjut ke hari ke-empat. Di hari ini, kami berkesempatan berkunjung ke Tokyo. Jarak dari Saitama ke Tokyo sekitar 1 jam dengan kereta. Maka kami semua naik kereta ditemani oleh satu orang guru KG dan di Tokyo kami janjian dengan salah seorang mantan guru AF yang pindah ke Jepang, Bu Vera dan suaminya. Destinasi pertama kami adalah ke NHK Tower untuk melihat berbagai fasilitas disana. Sayangnya kami tidak bisa masuk ke dalam studio NHK nya, hanya ke area edutainmentnya yang memang menyediakan fasilitas edukasi bagi pengunjungnya. Di dalamnya, kami melihat berbagai fasilitas studio TV yang bisa kami coba, seperti studio dubbing suara untuk merekam suara dubber ke dalam film animasi. Juga kami melihat studio weather forecast untuk menjajal rasanya menjadi pembawa berita cuaca.

Setelah mengunjungi NHK Tower, kami mengunjungi Shibuya. Tak lupa berfoto di patung legendaris Hachiko. Setelahnya kami menuju pasar Shibuya yang terkenal dengan pusat belanjanya. Disana saya dan murid-murid kalap berbelanja oleh-oleh di Daiso dan asyik lihat-lihat berbagai barang-barang fashion yang terpampang di sepanjang jalanan Shibuya. Selesai berbelanja, kami pun pulang.

Lalu keesokan harinya, kami berkesempatan untuk mengunjungi Tokyo Disneyland (woohoo!). Kami seharian bermain di Tokyo Disneyland. Kelompok kami pun dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil lagi dengan didampingi beberapa siswa Jepang yang ikut menemani kami. Wah, nggak usah diceritain lagi, udah kebayang lah ya asyiknya kita main disana.

Lalu di hari terakhir, kami mengikuti festival olahraga KG. Pernah baca di komik kan tentang festival olahraga akhir semester? Yang pernah baca Miiko, pasti ingat deh dengan cerita kelas Miiko yang lagi mempersiapkan untuk festival olahraga sekolahnya. Semua murid di kelasnya sibuk membuat poster, bendera sampai ikat kepala. Dan itulah persis yang terjadi di KG. Aaaakkk, seru bangeeett ngeliat siswa KG membuat poster dan ikat kepala dan rembukan untuk menentukan perwakilan kelas yang ikut lomba. Serunya lagi, siswa AF juga diajak ikut serta, dan siswa KG ikut membantu membuat poster dan ikat kepala buat siswa AF. Dan di perlombaannya, harus diakui, siswa AF agak-agak kalah total ketika melawan siswa KG. Keliatan banget perbedaan antara yang tiap hari naik sepeda atau jalan kaki ke sekolah sama yang dianter jemput naik mobil atau motor. Stamina siswa AF bener-bener diuji di festival olahraga ini.. 😀

Itu tadi cerita perjalanan saya dan siswa AF ke Jepang di tahun 2014. Semoga tahun 2016 saya bisa dapat kesempatan lagi untuk berkunjung ke Jepang yaaah 😀