Diet Mayo – Part II

Assalamualaikum wr wb!

Setelah sekian lama niat mau posting ini, akhirnya baru sekarang kesampean. Hehe, better late than never yaa 😀 (ngeles.com)

Yap, it’s my Diet Mayo Diary Part 2, everybodeehh..

Kalau di Part 1, saya memposting makanan dari Nanad Katering, kali ini saya memposting makanan hasil masakan saya sendiri😆

Dengan berbekal ilmu dr youtube dan tips2 masak dr Nadya (owner Nanad Catering), saya pun bereksperimen dengan berbagai macam makanan. Mulai dari yg biasa saya olah seperti: kentang, telur, buncis, sayur-mayur lainnya hingga salmon dan dori fish.

Prinsip dari diet mayo sebenarnya simpel, cukup mengurangi asupan makanan yang mengandung garam, gula, lemak jenuh dan karbohidrat. Jadi kita diajak untuk memperbanyak asupan protein, mineral, vitamin dan gizi lainnya.

Untuk memasak varian masakan diet mayo jg simpel. Cara paling mudah adalah mengukus semua sayur dan memanggang aneka protein. Kalau di website lain, banyak sih yang sudah menyajikan menu diet mayo lengkap dari hari pertama hingga terakhir, hahya saja saya merasa menunya kurang variatif dan less-flavor. Jadilah saya ubek-ubek youtube tentang how to make healthy foods.

Dan inilah beberapa kreasi saya di saat diet mayo kemarin.

Pan Fried Salmon with Sambal Dabu

Masakan diatas adalah pan-fried salmon atau salmon yang digoreng di wajan tanpa minyak, tapi karena pengalaman buruk saya dengan memasak salmon tanpa minyak di waktu lalu, kali ini saya memutuskan untuk memakai sedikit minyak zaitun. Memasaknya cukup mudah dan singkat, salmonnya cukup digoreng di atas wajan dengan api sedang, sampai berubah jadi pink muda seperti diatas (kalau saya suka yang agak crispy di bagian kulit, jadi suka saya goreng lebih lama di bagian kulitnya).

Nah, ada tips nih untuk para newbie dalam memasak salmon (kayak sendirinya bukan newbie haha), pengalaman pertama saya dlm memasak salmon cukup membuat saya berhati2 dlm mengolahnya. Daging salmon itu cepat masak dan akan cepat hancur kalau terlalu matang atau over-cooked dan rasa dagingnya pun akan jadi terasa kering, jadi perhatikan tingkat kematangannya, kalau saya sih suka nusuk2 pake garpu dulu untuk melihat si salmon udh mateng apa belum..

Tips lagi dalam memasak salmon: jangan lupa untuk iris tipis salmonnya dulu sebelum dimasak . Karena kalau terlalu tebal, bagian dalam si salmon akan lama matengnya, sedangkan bagian luarnya cepat matang. Dan sebelum digoreng, lebih baik untuk mendiamkan salmon dalam suhu ruang beberapa saat supaya pas dimasak, bisa matang dengan sempurna dan rata.

Untuk sayurnya sendiri, saya hanya mengukusnya saja selama kurang lebih 15 menit. Nah karena saya pecinta pedas, saya pun membuat sambal dabu-dabu ala-ala untuk menemani makan salmon ini.    

Homemade Sambal Dabu

Berdasarkan hasil browsing di youtube tentang cara membuat sambal dabu, saya pun membuat sambal yg penampakannya spt diatas. Membuat sambal dabu ini simpel, seperti membuat sambal kecap aja, bedanya di sambal dabu memakai minyak zaitun panas. Jadi cukup potong-potong cabai dan bawang merah (harusnya sih pakai tomat hijau kecil jg, tp karena nggak ada, ya seadanya bahan aja hehe) Nah selesai dipotong-potong, kita tinggal panaskan minyak zaitun di wajan sampai agak meletup-letup, setelah itu langsung tuangkan si minyak zaitun tadi ke potongan cabai dan bawang merah, jadi deh sambal dabu. Tinggal di tuang diatas salmon dan sayuran, siap deh dimakan😋  

Baked Spinach Omelette with Cheese on top

Nah kalau foto yang diatas itu, membuatnya cukup mudah. Berikut resepnya :

Bahan :

  1. Telur ayam 1 butir
  2. Keju lembaran
  3. Daun bayam secukupnya
  4. Lada secukupnya

Langkah-langkah :

  1. Kocok lepas telur di pinggan anti panas
  2. Campur dengan daun bayam, lalu tambahkan lada sesuai selera
  3. Setelah tercampur sempurna, tambahkan lembaran keju cheddar diatasnya (ini sesuai selera aja sih, boleh pake keju apa aja dan cara meletakkannya pun sesuka kita aja, boleh diparut atau di potong kecil-kecil)
  4. Lalu masukkan oven atau microwave selama kurang lebih 10 menit. Suhu nya sekitar 180 derajat Celsius.
  5. Jadi deeh, tinggal dinikmati aja..
Persiapan memasak Dori Fish

Memasak dori fish itu ternyata mudah! Hihi, saya jadi kesenengan sendiri karena masaknya nggak ribet (kalo ribet, pasti saya udah nggak bisa haha). Dan nggak perlu bumbu macem-macem, cukup seperti yang keliatan di foto atas aja, hanya ada tomat, bawang bombay dan cabai. Masaknya juga nggak ribet, kalau saya pakai mentega dilelehkan, abis itu tumis semua bumbu, langsung deh masukin si ikan dorinya ke wajan. Cukup di oseng-oseng sebentar, ikan dorinya pun matang. Gampang kan? 😀

Baked Tofu with Egg

Nah kalau yang ini, sebenernya saya aja sih yang sok-sok-an ‘ngide’. Jadi ceritanya waktu itu lagi kehabisan bahan masak, dan cuman ada tahu putih dan telur aja. Karena saya juga lagi males belanja, jadilah mengoptimalkan bahan yang ada. Si tahu putih ini saya rebus sebentar sampai setengah matang, terus saya bumbui dengan lada dan daun bawang cincang, abis itu saya tuang telur ke atasnya. Setelah semua tercampur, saya masukkan ke dalam microwave dan panggang selama 15 menit. Rasanya? Lumayan laah, cuman memang saya tambahin cabe potong sih setelahnya, biar agak pedes-pedes menggugah selera gitu, hehe..

Banana Oatmeal with Cinnamon Dust

Baked Potatoes

Kalau dua foto diatas ini, menurut saya cukup mudah membuatnya. Jadi nggak perlu ulasan khusus yaa. Cukup saya gambarkan saja proses pembuatannya secara general. Kalau oatmeal, semua pastilah bisa buat. Cuman instant oatmeal dan saya tambahkan potongan pisang dan ditaburi dengan bubuk cinnamon di atasnya. Sedangkan kentang ovennya, cuman saya potong-potong kentangnya dan dibumbui sama lada plus si daun itu yang entah saya lagi lupa namanya, haha, abis itu dipanggang deh..

Homemade Beef Patty

Wah kalau yang ini, keliatannya aja rempong bikinnya, tapi sebenernya gampang banget! Bikin patty sendiri ternyata ga susah haha. No more beli di McD atau BK deh :p

Jadi untuk membuat patty ini, saya memakai daging sapi cincang yang saya beli di supermarket. Daging cincang ini saya campur dengan potongan cabai, bawang bombay, dan bawang putih yang sudah ditumis bersama sebelumnya. Terus ditambahin lada dan sejumput gula, terus diaduk pakai tangan biasa, lalu dibentuk seperti patty, lalu tinggal di bakar deh di penggorengan. Simpel yaa? Hihi, nah tapi ada tips nih untuk menggoreng patty. Jadi setelah kita bentuk lingkaran gitu, kita harus agak menekan bagian tengah si patty, supaya saat digoreng nggak mengembang  terlalu besar. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat video tutorial bikin patty ini di youtube. Banyaaaak banget kok videonya.

Baked Caulliflower

Yang ini cuman kembang kol dioles mentega abis itu dipanggang, haha. Lagi minim ide cemilan :p

Colorful Caesar Salad

Nah ini cuman berbagai sayur yang ada di kulkas di campur aduk pake greek yoghurt 😀

Itu dia tadi sekelumit menu-menu diet mayo ku selama 2 minggu kemarin. Lumayan sih turunnya, ada kali 4 kilo-an. Tinggal meng-istiqomah-kan kebiasaan makan sehat ini nih. Say no to minyak, garem dan es. Huhuww.. Wish me luck!

See you around, gaes!

Advertisements

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s