Yoga, I’m in Love!

Kali ini, saya mau cerita mengenai hal yang lagi saya tekunin, yaitu yoga. Sejak sekitar pertengahan 2016 lalu, kurang lebih mulai dari bulan Agustus 2016, saya mulai merutinkan diri untuk mengikuti kelas yoga. Awal pertama kenal yoga sebenarnya di tahun 2015, saat mendaftar menjadi member di Celebrity Fitness, namun nggak rutin ikut kelas yoga, jadinya acak kadut juga progressnya.

Nah, sejak 2016 kemarin, saya mendaftar jadi member di Lilou Space, sebuah studio olahraga milik adik kelas saya di SMP, yang letaknya di daerah Kelapa Dua, Depok. Sejak bergabung di Lilou, saya pun sebenarnya masih agak males-malesan. Pas Agustus kemarin, momennya pas banget abis Lebaran kan, mulailah ngerasa agak-agak shy shy gimana gitu kalau lagi ngaca dan liat pembengkakan di berbagai area tubuh. Kemudian saya memutuskan kudu gerak rutin lagi biar lebih in shape dan fit, dan karena saya kurang suka olahraga yang jejingkrakan (baca: gampang ngos-ngosan), saya pun rutin ikut kelas yoga di Lilou Space ini. Alhamdulillah, di Lilou ketemu dengan teman-teman yang positif dan satu frekuensi semua, plus ini studio olahraga yang khusus wanita, jadi lebih nyaman ketika olahraga disana. Instrukturnya pun friendly dan sabar banget ketika ngajarin manusia cem saya yang  suka rada-rada korslet :p

Nah sekarang, udah kurang lebih 8 bulan rutin yoga, saya ngerasa agak berbangga hati melihat progress saya di kelas yoga. Dari yang pertamanya saya nggak bisa downward facing dog dengan benar, saking kakunya semua otot badan, sekarang sedikit-sedikit udah bisa nyobain asana yoga yang lumayan advance, seperti headstand, wheel pose, titibhasana, eight angle pose, dll. Saya juga merasakan perubahan yang signifikan di beberapa bagian tubuh saya, seperti lengan dan perut. Saya selalu bermasalah di lengan saya yang besar dan bergelambir macem nutrijel, tapi bagian sikut sampai pergelangan tangan, keciiiil banget. Jadi keliatannya nggak imbang gt kan, haha sedih ya.  Tapi sejak rutin yoga, lengan atas saya alias bagian otot bicepnya, jadi lebih terbentuk, ototnya  jadi keras sendiri! Saya sendiri agak takjub takjub emejing gitu liat bicep saya terbentuk. Akhirnya, hasil dari ratusan plank dan chatturanga selama yoga keliatan juga (terharu). Perut pun gitu, sebagai pecinta air dingin dan gorengan, nggak kaget dong ya ketika perut saya rada rada bergelambir aduhai gitu, yah walaupun sekarang juga masih ada sih lemak-lemak aduhai itu, tapi setidaknya udah berkurang. Karena terbiasa selama latihan yoga kita harus mengunci perut kita (alias Moola Bhanda), saya jadi kebiasaan tuh untuk selalu menahan perut saya supaya ga kemana-mana lemaknya. Perlahan tapi pasti, otot perut kanan dan kiri, jadi agak sedikit terbentuk, ga lagi bentuknya bundar sempurna, tapi adalah bentukan-bentukan ototnya. Hamdalah!

Yang paling saya sadari sih, postur tubuh saya yang jadi lebih tegap. Saya terbiasa dengan postur tubuh yang membungkuk, alias tulang punggungnya dimalesin, semacam invertebrata gitu. Apalagi kalau lagi duduk, pasti bungkuk, sadar ga sadar. Nah tapi, di yoga kudu banget kan tuh untuk “lengthen your spine, open your chest”, sehingga saya jadi otomatis mengoreksi tubuh saya yang membungkuk kalau lagi duduk atau berdiri. Ketika nyetir, kalau badan udah rada-rada nggelosor ke kursi mobil, langsung buru-buru tegapin badan lagi dan duduk di tulang duduk.

Semoga istiqomah ya untuk menapaki jalan yoga ini, karena sekarang pun saya sedang ambil kelas yoga teacher training 50 jam dan bisa dapet sertifikat untuk mengajar Hatha Yoga. Wish me luck yaa!

Dibawah ini ada beberapa foto ala-ala yogi kekinian, yang ternyata lebih keringetan saat ambil foto dibanding saat latihan :p

Lateral Inclined Plane / Side Plank
urdhva dhanurasana / wheel pose
natarajasana / dancer pose
Camatkarasana / wild thing pose
“not so successful” bird of paradise / svarga dvidasana

Dan juga, here is my yoga squad. Without them, aku mah hanya kremesan regal.

Leave a Reply

